Selasa, 07 Februari 2012

Dari Mana Sihh Si Pinter Itu??

Si Pinter merupakan program yang mengelola tentang semua proses akademisi yang terjadi di sekolah muhammadiyah yang ada di indonesia yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga  pelajar muhammadiyah seperti kita . Si pinter ini merupakan program informasi mengenai berbagai perkembangan siswa didik selama siswa berada di sekolah muhammadiyah si pinter yang merupakan salah satu program andalan sekolah muhammadiyah yang muncul dikarenakan pesatnya pekembangan zaman yang terus berubah. Maka patutlah bagi setiap sekolah muhammadiyah untuk mengupgrade diri lewat Si Pinter ini.
Si pinter ini merupakan jaringan yang menggunakan jaringan internet. Jaringan internet sendiri merupakan program yang sangat cepat dalam menyampaikan informasi bahkan setiap detiknya internet mampu untuk menyajikan berbagai informasi serta media internet ini pun mudah untuk diakses dan juga sangat murah.
Sipinter mempunyai 3 teknologi yang saling terintegrasi yaitu:
  1. WEB (teknologi internet).
  2. WAP (teknologi internet yang dapat diakses melalui handphone dengan menggunakan akses GPRS).
  3. ScSMS (School Message Service, yaitu layanan sms lintas operator).
Selain teknologi tersebut, SIPINTER dilengkapi dengan modul-modul yang sangat lengkap antara lain:
  1. Akademik (Manajemen database siswa, guru/pegawai, jadwal mata pelajaran, jadwal ujian, kalender pendidikan, nilai, absensi, cetak rapor online, dll)
  2. Keuangan (dilengkapi dengan setting diskon siswa)
  3. Inventaris (dilengkapi dengan generate label barcode)
  4. Ekstrakurikuler
  5. Bimbingan Konseling
  6. Perpustakaan (dilengkapi dengan katalog online)
  7. PSB (dilengkapi dengan pendaftaran online dan ujian online)
  8. Alumni (dilengkapi dengan portal alumni lengkap dengan directory alumni, managemen event, gallery kegiatan dll)
  9. Portal Siswa
  10. Portal Guru
  11. Mobile System
  12. SMS Gateway
  13. Web Sekolah
  14. Multimedia (memungkinkan sesama member untuk sharing informasi seputar dunia pendidikan).
Semua hal tersebut merupakan karya dari PT Daya Matahari Utama yang merupakan badan usaha milik Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur. Yang dapat kita simpulkan dari tulisan diatas adalah bahwa si Pinter adalah program yang berbasis WEB  dengan teknologi mobile (WAP) dan SMS system yang sangat mudah untuk diakses dari berbagai kalangan masyarakat.
Si pinter ini pun telah banyak diuji coba di berbagai sekolah  sekolah Muhammadiyah                 dan rencananya akan siap digunakan dalam skala nasional seluruh indonesia. Pada saat ini pun juga telah banyak sekolah, yang menggunakan sistem si pinter ini di wilayah Jawa Timur bahkan Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimaat MuhammadiyahYogyakarta pun juga tak mau ketinggalan untuk menggunakan si pinter ini.
Sebelumnya si Pinter ini juga terintregasi dengan sistem dikdasmen Muhammadiyah wilayah Jawa Timur mulai dari PCM hingga PWM yang artinya data data mengenai sekolah muhammadiyah di Jawa Timur masuk dan terintregrasi masuk dalam laporan dikdasmen sehinnga memungkinkan sekolah muhammadiyah terpantau secara maksimal.
Nah jadi sudah tahu kan bahwa si Pinter itu memang berasal dari Jawa Timur dan itu semua hanya untuk kita semua pelajar dan guru guru di sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar