Rabu, 02 November 2011

PENTING GAK SIH PUNYA BUKU TAHUNAN SEKOLAH??? BAGAIMANA MEMBUATNYA???

    Buku tahunan sekolah atau sering disapa dengan nama  (BTS) merupakan tradisi dari angkatan terakhir yang mau ninggalin almamater nya. Apalagi  yang namanya tahun terakhir bakal nggak seru tanpa buku tahunan, karena setiap angkatan pasti  ingin meninggalkan kenang-kenangan terakhir untuk sekolah nya. Dari mulai  SD, SMP, sampai  SMA pun gak bisa lepas dari BTS tersebut, nah loh??? Sebenarnya BTS itu gak cuman tradisi belaka tapi mengandung nilai tersendiri bagi calon alumni ( dalam arti sangat penting) yang mau ninggalin sekolah dan teman tercinta nya. Apalagi kalau sudah dekat dengan UAN atau UAS, pasti di otak mikirin terus tuh BTS nya sudah kelar atau belum. Esensi nya pun biasanya berupa foto, biodata, kesan dan pesan, foto kegiatan yang menarik dan masih banyak pula yang dimuat di BTS tersebut.
  Sebenarnya BTS atau Buku tahunan sekolah ini sudah ada sejak dulu sekitar tahun 2000-an, cuman kalau  dahulu masih biasa-biasa aja konsepnya atau masih” DJADOEL” karena warna nya masih hitam putih dan maksimal cuman covernya saja yang hardcover. Tetapi seiring modern nya zaman baru sekitar tahun 2010 smapai sekarang konsep buku tahunan menjadi lebih sensasional dan macam nya pun menjadi beragam. Dari bentuk cover berlidah, cover depan belakang, belahan tengah, dan banyak inovasi baru yang diciptakan. Isi nya pun juga bervariasi kalau dahulu sekedar foto hitam putih dan biodata aja yang wajib, kalau di era  sekarang bertambah menjadi foto berwarna, foto kegiatan, prestasi angkatan, dan lain macam sebagai nya.
     Tidak menyusahkan membuat BTS itu, sangat gampang kok membuat BTS tersebut , apalagi kalau angkatan kita sudah kompak terus dana juga ada bahkan sekarang sudah gak basi kalau buku angkatan itu dikerjain sama event organizer (EO)  tetapi biar maksimal harus pintar juga dalam memilih EO tersebut. Nah ini dia steps yang harus dipenuhi ketika kita emang sudah mantap untuk membuat buku tahunan sekolah.
    #Memakai event organizer (EO) ataupun bikin sendiri steps nya adalah :
1. Pembentukan Panitia, yaitu pilih teman-teman kita yang mau dan tepat untuk meningisi posisi yang tepat pula dalam susunan kepanitiaan. Jangan sampai salah pilih dan memaksa dan setiapa kelas harus ada perwakilan yang menjadi panitia , kemudian buat timeline nya agar kedepan tidak kacau balau.
2. Konsep dan tema,kemudian panita  langsung menyebar ke tiap  kelas untuk meminta usul tema apa yang akan diusung didalam BTS tersebut. Dan apabila panitia sudah merapatkan konsep nya harap disosialisasikan pula kepada masing-masing kelas tersebut agar muncul mufakat bersama.
3. Cari Event Organizer atau Motret sendiri, Saatnya mencari sebaik-baik nya EO mana yang terbaik untuk dijadikan partner dalam membuat BTS. Setelah itu tentukan kapan pemotretan berlangsung. Jika tidak memakai EO harap siapkan perlengkapan yang memadai untuk pemotretan dan hasilnya pun jangan sampai mengecewakan.
4. Percetakan, Saatnya berburu kembali percetakan mana yang tepat dan memuaskan untuk membuat BTS tersebut, dan pastikan juga kita tahu betul kualitas percetakan tersebut.
5. Database, mulai kumpulkan database teman-teman seangkatan sesuai dengan apa yang disepakati dahulu. Diusahakan jangan sampai ada teman yang tertinggal atau tidak lengkap database nya.
6. Tagih cetakan, setelah selesai lay out, serahkan ke EO untuk dibawa ke percetakan. Kalau yang bikin sendiri langsung saja tagih ke percetakan. Jangan jera untuk selalu menagih kapan selesai nya agar tidak terjadi kemoloran waktu.
7. Publikasi, setelah semua seleseai hendaknya membagikan BTS tersebut kepada siapa saja yang hendak menerima BTS tersebut. Terutama teman seangkatan dan pihak almamater.
 Semoga cara tersebut  membantu teman-teman dalam menyusun BTS ( buku tahunan sekolah) . Selain BTS itu juga penting tetapi akan menjadi lebih indah ketika angakatan kita juga lulus 100%, karena selain mengharumkan nama alamamater kita tentunya juga mengharumkan nama angkatan kita dimata sekolah. Cayo semangat belajarnya!!!

By : Rasyid XII MAK

1 komentar:

  1. Wisata Malang - saya dulu waktu SMA juga banyak kendala waktu mau bikin BTS. tapi alhamdulillah keturutan juga walopun jadinya cuma majalah tahunan. yaah, gpp lah sobat, daripada engga ada. betul tidak? hehehe :)

    BalasHapus